Senin, 23 Mei 2011

How's make perfect story? part 1

Pertanyaan ini sering sekali meneror aku di facebook, twitter, dan obrolan sehari-hari bersama teman-teman. contohnya :
"Kak FLD (First Love Dilemma) ceritanya bagus bangeeeet. gimana buatnya? "
"Kak, aku tersentuh banget sama ceritanya. keren kak. "


well, aku sendiri enggak menyangka kalau respon kalian para pembaca-ku akan sepositif itu. padahal aku sendiri yang menulis merasa biasa-biasa aja. cenderung merasa enggak bagus karena masih banyak di luar sana yang skill menulisnya melebihi aku.
setelah melewati beberapa fase aku jadi mengerti sekarang kenapa FLD bisa cukup diterima di masyarakat (Puji Tuhan!:D)


cukup simpel sebenarnya, tapi menjadi fondasi banget buat kalian yang serius ingin menekuni dunia penulisan dan ingin menerbitkan tulisannya seperti aku. formula 1 : tujuan dan motivasi kalian menulis itu apa. apakah memang benar-benar keinginan mendasar ingin berbagi kisah hidup dengan orang lain atau semata-mata ingin mendapatkan ketenaran dan uang semata?
sorry kalau di postingan aku kali ini agak sedikit "sadis kata-kata". tapi ini memang benar kejadian sesuai realita yang terjadi akhir-akhir ini. menurutku ketenaran dan uang itu justru menjadi bonus tambahan karena kamu sudah bisa menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat. beneran deh kalau terus mengejar-ngejar 2 hal itu justru malahan nggak akan pernah bisa sukses. istilahnya sih money oriented.


pokoknya formula 1 yang bisa aku kasih tau kalian yaitu : temukan tujuan dan motivasi kalian menulis untuk apa...


formula kedua. temukan ide yang brilliant. jangan merasa kecil kalau ide kalian itu terlihat terlalu umum dan biasa. itu kan tergantung dari perspektif (sudut pandang masing2). kita nggak akan pernah tau kalau belum mencoba nih.


formula ketiga yang paling penting nih. jangan cuma hanya menjadi NIAT aja buat nulis tapi harus didasari kemauan juga. niat hanya akan menjadi niat belaka jika tidak dilaksanakan. apalagi kalau udah menemukan ide yang bagus dan keren.


well kira2 aku baru bisa sharing 3 formula menulis yang sering aku gunakan. tetap baca blog-ku yaa untuk tau formula2 yang lain :)

0 komentar:

Posting Komentar